Jumat, 29 Juni 2012

Penyakit Lupus


Penyakit LupusKabarUtama. Kemudahan arus informasi membuat segala hal dgn mudah kita ketahui. Salah satunya tentang penyakit. Setiap hari, rasanya selalu saja ada penyakit baru yang menambah perbendaharaan pengetahuan kita. Dari sekian banyak penyakit, masih banyak penyakit yang dirasa asing di masyarakat kita, salah satunya adalah penyakit Lupus. Penyakit yang satu ini kini mulai marak dibicarakan karena keanehan & kemisteriusannya. Jika Anda belum mengenalnya dgn baik, tulisan berikut ini akan mengajak Anda memahaminya dgn lebih baik.

Definisi Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit otoimun. Disebut demikian karena penyakit ini disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh (antibodi) yang menyerang tubuh itu sendiri. Serangannya bisa pada kulit, persendian, jantung, paru-paru, darah, ginjal, & juga otak. Penyakit Lupus secara lengkapnya disebut sebagai SLE (Systemic Lupus Erythomatosus).

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab utama penyakit lupus belum diketahui secara pasti. Para ahli percaya bahwa kelainan yang menyebabkan seseorang terkena penyakit lupus itu sudah ada di dalam tubuh penderita sejak lahir. Adapun faktor-faktor luar akan memicu kelainan gen-gen tersebut utk muncul menjadi penyakit lupus. Faktor pemicunya bisa berupa mononucleosis & juga cahaya matahari. Penyakit lupus tidak ditularkan & juga tidak menular.

Karakteristik Penyakit Otoimun

Karakteristik penyakit otoimun bisa dicirikan dari ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh membedakan antara sel tubuh, jaringan tubuh, sel luar tubuh, bahkan virus. Akibatnya, sistem pertahanan tubuh yang seharusnya menghasilkan antibodi yang akan menyerang antigen (berupa bakteri, virus, atau sel luar) menjadi menghasilkan oto-antibodi yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang menghasilkannya. Analoginya, seperti peluru yang menembak atau memburu pistolnya sendiri.

Mekanisme Penyakit Lupus

Saat proses penyerangan sistem kekebalan tubuh oleh oto-antibodi terjadi, penderita bisa menderita infeksi (gejala pertama yang terlihat), sakit, & kerusakan jaringan tertentu. Infeksi sendiri bisa menyebabkan sakit, panas (demam), kemerah-merahan, bengkak, & kehilangan fungsi bagian tertentu, baik yang berada di dalam tubuh maupun yang berada di luar tubuh.

Untuk beberapa pasien dgn kasus ringan, gejala lupus mungkin tidak terlihat parah. Namun, lupus bisa menjadi sangat serius & mengancam kehidupan. Hal ini karena sampai sekarang, lupus belum dpt diobati. Adapun pengobatan yang dilakukan hanyalah terapi pengurangan gejala-gejala yang terjadi pada pasien.
Seperti, pengobatan dgn kortikosteroid & immunosuppressants(zat penekan produksi sistem imun agar tidak menghasilkan oto-antibodi). Itu sebabnya juga yang menjadikan lupus sebagai penyakit misterius layaknya penyakit kanker. Tak ada sebab pasti & tak ada obat yang jelas.

Siapapun yang terjangkit lupus, pria ataupun wanita tua atau muda tetapi lupus ini lebih banyak menyerang kepada wanita, dikarenakanhormon  wanita ada hubungannya dgn penyakit lupus ini. Tidak kemungkinan juga laki-laki & orangtua juga bisa terjangkit penyakit pengertian lupus ini.

Penyakit pengertian lupus ini memang tidak diduga kedatangan & perkembangannya dalam setiap waktu. Orang-orang yang menderita lupus hidup lebih lama & lebih aktiv & lebih sehat dibandingkan dgn yang sebelumnnya. 

Prognosis & Kelangsungan Hidup Penderita

Prognosis (ramalan) penyakit lupus bergantung kepada organ yang terlibat. dgn kata lain, penanganan lupus yang melibatkan organ yang satu berbeda dgn penanganan lupus yang melibatkan organ yang lain.
Pada penyakit lupus, tingkat kelangsungan hidup penderita penyakit lupus yang melibatkan sistem saraf pusat & organ-organ utama (seperti jantung, paru-paru, atau ginjal) kemungkinan besar akan lebih singkat daripada penderita lupus yang hanya melibatkan kulit atau persendian saja. Adapun kematian penderita penyakit lupus banyak terjadi akibat infeksi yang berkaitan denganimmunosuppressants (zat penekan produksi sistem imun agar tidak menghasilkan oto-antibodi).

Faktor Risiko

Faktor yang memperbesar seseorang utk menderita penyakit lupus di antaranya adalah perempuan, berusia di antara 15 – 45 tahun, berkulit hitam, mempunyai keluarga yang juga penderita lupus, serta menjalani pengobatan yang berhubungan dgn obat penginduksi lupus sistemik.  Penyakit autoimun ini muncul karena bakteri & virus & penyakit ini menyerang kepada kekebalan tubuh & akan menyebabkan peradangan atau rusaknya bagian tubuh. Ada banyak kasus yang apa saja yang menyebabkan penyakit lupus ini antara lain:
•    Jenis kelamin
•    Usia yang bisa menyerang pada mereka yang berusia 15-40 tahun
•    Sinar matahari yang membuat kulit rentan terkena penyakit lupus tersebut.
•    Obat
•    Terinfeksi Virus Epstein Barr (EVB)
•    Terkena zat kimia

Komponen-komponen DNA yang berada dalam sel-sel tubuh tidak ada yang menyebabkan lupus. Karena beberapa penelitianmengatakan semua gen-gen bergabung utk merespon faktor & risiko pada lingkungan.

Ada beberapa elemen orang terjangkit penyait lupus ini anatara lain:

Sinar Ultraviolet

Sinar matahari tidak hanya membakar kulit tetapi sinar matahari juga dpt meningkatkan penyakit kanker kulit & akan menyebabkan terkenannya lupus. Pada orang yang sensitif terhadap matahari orang tersebut akan lebih tinggi terkena penyakit lupus ini.

Infeksi Penyakit

Di dalam penelitian terjadinya infeksi disebabkan oleh kuman & virus yang mewabah pada bagian sel-sel tubuh sehingga tubuh dpt terjangkit penyakit. Virus EBV ini adalah salah satu virus yang menyebabkan herves & menyebabkan penyakit ringan juga & lebih bertanggung jawab terhadap penyakit yang lebih tinggi.  Di usia 40 tahun sangat rentan kesempatan utk terjangkit penyakit lupus sangat cepat terjangkit. karena EBV dpt merambah ke del-sel darah putih.

Merokok

Merokok adalah faktor risiko terjadinya pada penyakit lupus & dpt meningkatkan terkenanya penyakit lupus khususnya padawanita yang suka merokok di harapkan hindari merokok agar tidak terkena dgn penyakit tersebut.

Pada usia subur wanita pengertian lupus ini merupakan faktor risiko terjangkitnya penyakit lupus ini apalagi diagnosa pada wanita muda. Hal ini dikarenakan karena oleh hormon ektrogen wanita. utk para wanita dilarang utk menggunakan kotrasepsi oral karena akan menyebabkan peningkatan pengertian lupus ini. Karena sel-sel darah putih ini merespon pada kekebalan tubuh & akan meningkatnya sel-sel.

Yang memicu terjangkitnya pengertian lupus ini dikarenakan sel-sel kekebalan berkepanjangan yang dpt memicu penyakit ini seperti penggunaan pil KB yang mengandung ekstrogen akan mudah terjangkit penyakit pengertian lupus ini.

Di Afrika & di Amerika penyakit lupus ini tiga kali lebih sering di derita oleh para wanita & cenderung terjangkit lupus di usiayang muda dgn gejala-gejala yang lebih tinggi. 

Gejala Penyakit Lupus

Gejala-gejala yang terjadi pada pasien yang menderita lupus di antaranya adalah demam, sakit persendian, sakit otot, fatig, radang kulit (kulit kemerah-merahan), anemia, infeksi paru-paru, gangguan jantung, kejang, & lain-lain.

Pengobatan Lupus

Lupus memang tak dpt disembuhkan. Akan tetapi, gejala-gejala penyakit yang mengiringinya bisa dikurangi, bahkan disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan sampai saat ini di antaranya adalah terapi obat anti-infeksi & pengatur sistem imun, akupunktur, fototerapi (terapi cahaya), serta pengaturan makanan, berat badan, & perlindungan dari sinar matahari.

Faktor genetik pada lingkungan menjadi munculnya penyakit lupus ini seperti sinar matahari, makanan, obat-obatan & racungejala lupus ini bermacam-macam. Sehingga sulit utk mendiagnosa penyakit pengertian lupus ini. pengertian lupus ini biasanya utk mebuat badan lemas disertai demam & nyeri pada badan.

Ada dua cara dalam menangani pengobatan lupus ini dgn cara:
•    kortiksteroid yang fungsinya utk mencegah peradangan & mengatur kekebalan tubuh.
•    Kortikostteroid yang berfungsi utk mengatasi bengkak & nyeri pada bagian tubuh.

Selain pengobatan gejalanya, penderita lupus juga akan dijaga segala bentuk tingkah laku & kebiasaannya. Seperti tidak boleh stres, harus banyak istirahat, menghindari sinar matahari, tidak boleh merokok, pengaturan berolahraga, & masih banyak lagi yang lainnya.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar