Jumat, 29 Juni 2012

Penyebab Penyakit Anemia dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Anemia dan Pengobatannya - Kabar Utama. Penyakit anemia merupakan salah satu penyakit yg banyak diderita oleh sebagian penduduk dunia, begitu pula di Indonesia. Meskipun anggapan sejumlah masyarakat yg memandang bahwa anemia bukan termasuk penyakit yg berbahaya atau mematikan, Anda perlu mengetahui penyebab & cara penyembuhan anemia dikarenakan anemia bisa menyebabkan munculnya penyakit kronis pada seseorang.

Sering kita temui penyakit ini diderita sebagian besar oleh kalangan wanita & anak-anak. Akan tetapi, sebenarnya penyakit ini dapat diderita oleh siapapun. Oleh karena itu, kita perlu waspada mengenai gejala-gejala yg ditimbulkan oleh penyakit ini, agar dapat dilakukan tindakan penyembuhan anemia sejak dini.
Khususnya bagi Anda yg mempunyai anak kecil di rumah, pastikan makanan & minuman yg dikonsumsi oleh buah hati Anda mencukupi kebutuhan gizi & vitamin setiap hari. Hal ini dilakukan agar dapat mencegah berbagai penyakit utk hinggap pada tubuhnya khususnya anemia.

Anemia dapat berakibat sangat berbahaya pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya anemia yg diderita kebanyakan oleh para wanita. Ini disebabkan karena kaum hawa mengalami proses menstruasi atau melahirkan.

Perlu diperhatikan apabila seorang wanita hamil menderita penyakit anemia, karena penyakit ini akan mengganggu kestabilan kondisi tubuh ibu & terutama pada janin yg dikandungnya. Anemia pada saat kehamilan dapat memungkinkan si janin terlahir tidak normal (cacat), bahkan dapat menyebabkan kematian. Kondisi ini pasti tidak kita inginkan, apalagi jika menimpa istri atau saudari yg kita sayangi.
Pengertian & Istilah Penyakit Anemia

Penyakit anemia merupakan kondisi medis dengan jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein yg mengangkut oksigen) di dlm sel darah merah kurang dari keadaan normal. Setiap sel darah merah dlm tubuh manusia mengandung hemoglobin, sehingga dapat menjalankan fungsinya utk membawa oksigen berasal dari paru-paru ke bagian-bagin tubuh lainnya.

Penyakit anemia bisa menyebabkan fungsi dari darah sebagai pengangkut oksigen tidak berjalan dengan optimal atau seperti kondisi normal. Hal ini mengakibatkan organ-organ tubuh yg membutuhkan oksigen yg cukup dlm melaksanakan fungsinya akan terganggu. Sebagai contoh, banyak penderita anemia yg merasa mengantuk atau kehilangan keseimbangan. Ini juga disebabkan oleh oksigen yg masuk ke bagian kepala tidak mencukupi.

Jumlah hemoglobin normal pada tubuh pria & wanita berbeda. Utk kalangan pria, jumlah hemoglobin yg kurang 13,5 gram/100ml masuk dlm kategori penderita anemia. Sedangkan utk kaum hawa, jumlah hemoglobin kurang dari 12gram/100ml masuk di dlm kategori penderita anemia.

Perlu diperhatikan bahwa standar ini dapat berbeda-beda antara laboratorium satu dengan yg lain tergantung dari rujukan yg digunakan oleh mereka. Kita dapat menanyakan langsung tentang kondisi hemoglobin dlm tubuh kita kepada dokter ketika memeriksa badan kita.

Beberapa Penyebab dari Penyakit Anemia
Pada anak-anak, kebanyakan penyakit anemia diderita disebabkan oleh gizi yg buruk & konsumsi makanan yg mengandung zat besi kurang dari standar normal. Disamping itu, anemia pada anak-anak bisa ditimbulkan oleh proses pendarahan ataupun penyakit yg serius/kronik.

Menurut data yg dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan pada tahun 2000 menyatakan bahwa penyebab anemia pada anak-anak adalah malnutrisi pada balita dibagi gizi kurang sejumlah 5,2 juta balita. Selain itu, penderita gizi buruk berjumlah sebanyak 1,7 juta balita, & balita menderita anemia yg disebabkan oleh marasmik kwasiokor berjumlah 170 ribu jiwa.

Selain penyebab anemia yg disebutkan di atas, di lapangan kita temui banyak anak-anak khususnya siswa-siswi sekolah dasar yg menderita anemia karena menderita cacingan. Ada baiknya jika kita mengingatkan anak-anak di sekitar kita utk menghindari makanan yg tidak higienis atau bermain di tempat yg kotor. Selain itu, upayakan membawa anak-anak rutin ke dokter utk pemeriksaan kesehatan 2 kali dlm setahun.

Sangat disayangkan gizi buruk & kekurangan zat besi pada anak-anak siswa banyak dikarenakan pola makan yg buruk. Saat ini, anak-anak lebih menyukai makanan-makanan cepat saji atau kemasan yg sebagian besar mengandung sedikit gizi & vitamin.
Utk siswa perempuan, sebagian penderita kekurangan hemoglobin disebabkan mereka sedang dlm kondisi diet utk menghindari kegemukan. Ini mengakibatkan sedikitnya gizi & zat besi yg diasup oleh tubuh.
Bagi kalangan wanita, anemia sering disebabkan oleh menstruasi. Selain itu, penyakit ini juga dapat diakibatkan oleh kehamilan, & menyusui yg tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yg mengandung gizi & zat besi yg baik.

Upayakan bagi para perempuan yg sedang hamil & menyusui utk menjaga pola makan agar pemenuhan gizi berjalan normal terutama bagi buah hati. Konsultasikan kepada bi& atau dokter yg memeriksa kehamilan tentang jenis-jenis makanan yg harus menjadi menu utama setiap hari, agar kita dapat memilih bahan-bahan makanan yg akan dimasak di rumah.

Seseorang yg baru saja mengalami kecelakaan atau mempunyai luka yg serius dapat kehilangan darah yg berlebih. Secara medis, keadaan ini kemungkinan besar juga menyebabkan anemia pada korban. Apabila jenis anemia ini tidak diatasi dengan secepatnya dapat berakibat fatal.

Gejala yg ditimbulkan oleh penyakit ini bermacam-macam, sehingga dapat berbeda antara satu penderita dengan penderita lainnya. Penyakit anemia dapat mengakibatkan kelelahan, lesu, kelemahan, letih, kurang tenaga, kepala melayang-layg atau mata berkunang-kunang, keringat dingin, & detak jantung yg tidak teratur.Penderita anemia pada kondisi kritis dapat mengakibatkan penyakit serius seperti serangan jantung & stroke.

Tindakan Pencegahan Terhadap Penyakit Anemia
Mencegah penyakit anemia dapat dilakukan dengan mengatur pola makan yg sempurna. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis dari anemia yg tidak bisa dicegah. Beberapa macam makanan yg banyak menyimpan gizi, zat besi, serta vitamin utk mencegah anemia adalah sebagai berikut.
  • Bahan makanan yg banyak terkandung zat besi. Bahan makanan yg paling disarankan utk dikonsumsi dlm pemenuhan zat besi adalah daging sapi, daging ayam & daging, dari hewan lainnya. Utk jenis makanan lainnya adalah sayuran bewarna hijau, kacang-kacangan, sereal, & lentil.
  • Bahan makanan yg banyak terkandung folat. Bahan makan yg banyak menyimpan folat adalah buah-buahan seperti jeruk & pisang, sereal, pasta, & kacang polong.
  • Bahan makanan yg banyak terkandung B12. Vitamin B12 banyak didapatkan dengan mengkonsumsi susu & daging.
  • Bahan makanan yg banyak terkandung Vitamin C. Vitamin C dapat diperoleh di buah-buahan seperti jeruk, kiwi, melon, & beri.

Memakan makanan yg penuh gizi seperti di atas sangat dibutuhkan bagi seseorang yg memerlukan zat besi dlm jumlah banyak. Sebagai contoh adalah wanita hamil & menstruasi, anak-anak, & juga bagi bayi. Ada saatnya dokter menyarankan anda utk mengkonsumsi suplemen multivitamin & zat besi, akan tetapi jangan menelannya dengan kadar yg berlebihan karena hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Upaya Penyembuhan Penderita Penyakit Anemia
Sebelum melakukan pengobatan terhadap penderita penyakit anemia, terlebih dahulu perlu dideteksi jenis anemia apa yg diderita oleh si pasien. Utk beberapa langkah pengobatan tersebut dapat diketahui sebagai berikut.
  1. Jenis anemia kekurangan akan zat besi. Jenis anemia ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi suplemen yg mengandung zat besi. Utk itu, biasanya pasien disarankan utk mengkonsumsinya dlm waktu beberapa bulan.
  2. Jenis anemia kekurangan akan vitamin. Pengobatan jenis anemia ini dilakukan dengan cara menyuntikkan atau memberikan suplemen vitamin kepada penderita secara rutin.
  3. Jenis anemia terkait penyakit di sumsum tulang. Utk penyakit anemia jenis ini disembuhkan dengan obat-obat yg sederhana sampai pengobatan kemoterapi.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar