Sabtu, 30 Juni 2012

Penyakit Asam Urat Kolesterol

Penyakit Asam Urat Kolesterol- Kabar Utama Asam urat kolesterol sudah lazim kita dengar dlm keseharian kita. Hampir tiap orang yg sudah lanjut usia mengalami penyakit asam urat kolesterol ini.

Penyakit asam urat kolesterol adalah dua penyakit yg berbeda, antara asam urat & kolesterol. Penderita penyakit asam urat kolesterol ini umumnya berusia lanjut. Sama seperti penyakit-penyakit yg lain, penyakit asam urat kolesterol ini sangat mengganggu.

Dua penyakit ini sebenarnya menyerang anggota tubuh yg berbeda. Jika dilihat berdasarkan anatomi & gejala, penyakit asam urat kolesterol juga tdk bisa digabungkan. Hal yg dpt disalahkan atas dua penyakit ini adalah pola makan yg tdk baik, serta asupan gizi yg tdk seimbang.

Penderita asam urat kolesterol rata-rata disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yg mengandung lemak. Zat-zat berlebih yg tdk terlalu dibutuhkan oleh tubuh, perlahan menumpuk & mengakibatkan ketidakberesan pada tubuh manusia.

Asam Urat Kolesterol: Ada Apa dgn Asam Urat?
Seperti yg telah disebutkan di atas tadi, bahwa asam urat kolesterol adalah sebutan utk “gabungan” dua penyakit, antara asam urat & kolesterol. Keidentikan penyakit asam urat dgn kolesterol memang bukan tanpa sebab. Ketika seseorang menderita asam urat, secara tdk langsung, ia pun biasanya akan rentan terhadap penyakit kolesterol. Itulah kenapa dibelakang nama asam urat selalu diikuti dgn kata kolesterol, menjadi asam urat kolesterol.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai asal mula penggabungan dua penyakit tersebut menjadi asam urat kolesterol. Mengetahui satu per satu penyebab penyakit itu akan menambah pengetahuan Anda. Penyakit yg pertama adalah asam urat.

Penyakit asam urat dlm bahasa Inggris dinamakan urate acid atau uric acid. Istilah yg lebih umum adalah gout artritis. Asam urat di tengah masyarakat kita  juga dikenal dgn istilah reumatik.

Bagian dari penyakit asam urat kolesterol adalah sejenis penyakit yg menimbulkan rasa nyeri yg amat sangat di persendian. Rasa nyeri itu timbul akibat dari penumpukan kadar purin yg kita dpt dari makanan & minuman yg kita makan, serta dari sel tubuh yg telah rusak secara normal & penyakit tertentu.Umumnya zat purin dikeluarkan melalui feses & urin atau air seni.

Jadi asam urat itu merupakan sisa metabolisme zat purin yg berasal dari makanan yg kita konsumsi & pemecahan sel yg terjadi dlm darah.

Kadar asam urat atau purin tersebut tingkat kestabilannya diatur oleh ginjal. Jika berlebihan, kelebihan itu pun menumpuk pada persendian.

Kadar asam urat normalnya adalah 2.4 – 6mg utk wanita, & 3.0 – 7mg utk pria. Bila lebih dari batas normal maka kita akan merasakan nyeri di persendian kita, bahkan bisa membuat penderita tdk bisa berjalan karena persendian menjadi bengkak.

Bagi yg telah menderita penyakit asam urat, tdk ada salahnya melakukan beberapa pencegahan supaya sakitnya tdk mudah kambuh, seperti:
  • Mengontrol makanan & minuman. Ada beberapa jenis makanan yg mengandung kadar purin yg tinggi, di antaranya terdpt pada jeroan, udang, kerang, cumi, kepiting, makanan kaleng sarden & kornet, daging, telur, kaldu yg kental, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, taoge, melinjo, emping, sayur bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol & buncis.
  • Perbanyaklah meminum air putih. Dlm sehari sebaiknya meminum air putih minimal 8 gelas sehari. Banyak minum air putih dpt membantu membuang kadar zat purin dlm tubuh.
  • Bila sedang terjangkit asam urat, jangan melakukan pemijatan di sekitar persendian karena akan membuatnya semakin bertambah nyeri.
  • Mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks, seperti singkong, roti, nasi, ubi tdk kurang dari 100 gram per hari atau sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total.
  • Hindari karbohidrat sederhana seperti permen, gula, permen, & sirup sebaiknya dihindari.
  • Mengkonsumsi vitamin & mineral yg dianjurkan utk kebutuhan tubuh kita.
Asam Urat Kolesterol: Ada Apa dgn Kolesterol?
Jika asam urat adalah penyakit kelebihan zat purin yg kita konsumsi & menyebabkan nyeri persendian. Berbeda dgn kolesterol. Kolesterol merupakan lemak dlm kadar darah kita yg apabila tdk dijaga kadarnya akan menyebabkan menderita penyakit tertentu seperti jantung & stroke. Berdasarkan hal tersebut, jelas rasanya penyebab dari penyakit asam urat kolesterol adalah asupan berlebih zat-zat dlm tubuh.
Kolesterol, yg selalu identik dgn penyakit  “asam urat kolesterol” adalah zat lemak yg sangat penting dlm pembentukan dinding sel pada tubuh manusia & hewan. Kolesterol dlm darah diatur oleh hati. Hati merupakan organ tubuh yg berfungsi ganda yaitu mengambil kolesterol dari peredaran darah & memproduksi lagi kolesterol jika memungkinkan.

Jadi, hati berperan menjaga keseimbangan kolesterol dlm sirkulasi darah. Batas normal kolesterol manusia berada dlm batas antara 160-200 mg. Jika melebihi batas normal akan menyebabkan penyakit tertentu seperti jantung, stroke. Jika jumlah kolesterol dlm darah semakin tinggi, penyakit kolesterol beserta “antek-anteknya”, seperti asam urat kolesterol bukan hal yg tdk mungkin akan menjangkiti tubuh Anda.
Kolesterol dlm tubuh manusia terdiri dari dua jenis, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) & HDL (High Density Lipoprotein). LDL dibentuk oleh protein utama Apo-B (Apolipoprotein-B) & HDL dibentuk oleh protein utama Apo-A (Apolipoprotein-A).

Kolesterol LDL dikenal dgn kolesterol ”jahat”, karena LDL akan berakumulasi di dinding arteri yg akan membentuk plak shg menyebabkan dinding arteri kaku & pembuluh darah menyempit. Sedangkan HDL dikenal sebagai kolesterol ”baik” dlm tubuh kita. HDL dpt mencegah terjadinya akumulasi di dinding arteri dgn cara mengeluarkan LDL & mengirimkannya ke hati.

Kinerja hati dlm mengatur kolesterol cukup kompleks. Dari hati kolesterol yg ada dlm sirkulasi darah kita diangkut oleh LDL utk dibawa ke sel-sel tubuh yg memerlukan. Jika kolesterol dlm keadaan berlebih, maka kelebihan kolesterol ini akan diangkut oleh HDL utk dibawa kembali ke hati, yg selanjutnya akan diuraikan oleh hati lalu dibuang ke kantung empedu sebagai asam empedu. Hal seperti ini cukup menjadi “rangkaian” penyebab hadirnya penyakit asam urat kolesterol.

Klasifikasi kadar LDL dlm sirkulasi darah:
•             Kurang dari 100 : normal
•             100 – 129 : mendekati normal
•             139 – 159 : batas normal tertinggi
•             160 – 189 : tinggi
•             Lebih dari 190 : sangat tinggi

Klasifikasi kadar HDL dlm sirkulasi darah:
•             Kurang dari 40 : rendah
•             Lebih dari 60 : tinggi

Klasifikasi kadar kolesterol dlm sirkulasi darah:
•             Kurang dari 200 : yg diperlukan tubuh
•             200 – 239 : batas normal tertinggi.
•             Lebih dari 240 : tinggi

Tips menjaga kadar kolesterol dlm sirkulasi darah:
  • Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yg mengandung minyak, lemak, seperti jeroan, kepiting, udang, kerang, daging, santan, minyak, margarin, cokelat & gula. Makanan-makanan tersebut bagus utk menghindarkan penyakit asam urat kolesterol. Perbanyak memakan makanan yg kaya serat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran & buah-buahan.
  • Rajin mengkonsumsi bahan makanan yg mengandung antioksi& yg banyak terdpt dlm buah seperti jeruk, stroberi, pepaya, wortel, atau labu. Jangan sepelekan bawang putih, karena bawang putih berkhasiat menurunkan kolesterol.
  • Terapkan pola hidup sehat seperti tdk merokok, tdk meminum minuman keras yg mengandung alkohol & rajin berolahraga minimal 30 menit dlm sehari. Rokok & alkohol akan memudahkan kolesterol menumpuk dlm darah. Lumrahnya pencegahan pada sebuah penyakit, hal-hal baik ini juga pantas diterapkan pada penyakit asam urat kolesterol.
Bila melakukan program diet, pilih makanan yg lemak tak jenuh. Kurangi mengkonsumsi makanan yg digoreng, terlebih bila minyak yg digunakan utk menggoreng secara berulang-ulang, minimal sekali digunakan utk menggoreng.

Asam urat kolesterol sekali lagi adalah dua jenis penyakit yg berbeda. Asam urat adalah penyakit yg menyerang sendi, & kolesterol adalah penyakit yg biasanya disebabkan karena naiknya kandungan kolesterol dlm darah. Persamaan dari penyakit asam urat kolesterol itu adalah sama-sama disebabkan oleh pola hidup yg tdk sehat. 
Cara Mengobati Asam Urat dgn Ramuan Tradisional

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar