Jumat, 29 Juni 2012

Jenis Cacing Perut Manusia

Jenis-Jenis Cacing Perut Manusia - Kabar Utama. Cacing dlm perut? Mendengarnya mungkin membuat Anda bergidik. Melihat cacing tanah saja mungkin akan berhasil membuat sebagian dr Anda merasa geli, bagaimana membayangkan jika cacing itu berada dlm perut? Cacing dlm perut memang terkesan menyeramkan, faktanya, cacing dlm perut memang menyeramkan, terlebih bagi kesehatan.

Anak Anda cacingan? Kutipan salah satu iklan obat cacing yg sering kita lihat ditayangkan di televisi tersebut seharusnya menyadarkan kita bahwa cacing bisa hidup di dlm tubuh kita & menjadi parasit yg dpt mengganggu kesehatan kita. Cacing dlm perut memang menjadi permasalahan khas yg menimpa anak-anak.
Anak cacingan terdengar sangat wajar, sehingga cacing dlm perut pun terkadang tdk mendpt perhatian lebih dibandingkan dgn permasalahan kesehatan yg lain. namun, tahukan Anda jika cacing dlm perut yg dibiarkan bisa membuat kesehatan anak Anda lama-lama menjadi terganggu?

Mendengar anak mengeluh tentang rasa gatal di anusnya, kemudian setelah dilihat ternyata ada cacing kremi dlm anus si anak pasti tdk akan membuat sebagian besar dr Anda khawatir. Cacing kecil yg jumlahnya kadang lebih dr satu itu sdh dianggap menjadi hal yg biasa. Cacing dlm perut pun sama sekali menjadi hal yg disepelekan.

Anda mungkin juga hanya membayangkan bahwa cacing dlm perut memiliki ukuran yg tdk terlalu besar. Rasanya tdk mungkin perut sekecil itu bisa menyimpan cacing dlm perut yg berukuran besar. Ternyata anggapan Anda ini salah. Jenis cacing dlm perut manusia bisa sangat beragam. Baik ukuran maupun pengaruhnya dlm tubuh manusia.

Hal yg kemudian harus Anda perhatikan adalah jangan anggap remeh cacing dlm perut. Jangan juga pikirkan dr mana cacing dlm perut itu bisa masuk ke dlm tubuh manusia. Pikirkan lah bagaimana cara mengobati penyakit cacingan pada anak Anda.

Ada beberapa jenis cacing dlm perut manusia yg mengisap sari-sari makanan, termasuk darah kita, langsung dr dlm tubuh. Jika dibiarkan, cacing dlm perut akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Jenis-jenis Cacing dlm Perut

Cacing Gelang (Ascaris lumbricoides)

Cacing dlm perut ini bentuknya seperti gelang dgn ukuran antara 6-13 mm & bertumbuh tebal seperti pensil. Cacing ini hidup di dlm perut manusia & mengisap sari-sari makanan dr usus halus.
Walau cacing dlm perut ini bisa dgn mudah dikeluarkan bersamaan dgn kotoran yg kita buang, namun cacing ini sangat berbahaya karena mampu menghasilkan hingga 200 ribu butir telur dlm sekali bertelur per hari.
Selain itu, larva cacing gelang ini dpt masuk hingga ke pembuluh darah & limfa. Yg sangat berbahaya dr cacing dlm perut ini adalah jika larva juga menjalar & menyerang sampai ke paru-paru, karena akan menyebabkan radang paru-paru & batuk. Cacing gelang dewasa yg berpindah ke usus buntu juga sangat berbahaya karena akan menyebabkan radang usus hingga berakibat pecahnya usus buntu & membawa kematian.

Gejala yg bisa dirasakan jika ada cacing dlm perut ini ada pada tubuh  kita adalah kita  tdk bernafsu makan, perut membuncit seperti busung lapar, mual, badan kurus kering & wajah yg pucat. Feses yg keluar encer, bercampur lendir & darah.

Cacing dlm perut manusia ini dpt menular dr satu manusia ke manusia yg lainnya dgn perantaraan makanan yg dipegang dgn tangan yg tdk terjaga kebersihannya.Penyakit ini dpt dicegah dgn menjaga kebersihan diri & lingkungan tempat tinggal kita.

Cacing Kremi (Oxyuris vermicularis)


Cacing kremi sering juga dikenal dgn nama cacing kerawit atau cacing kecil-kecil karena tubuhnya yg halus nyaris seperti benang, berwarna putih & memiliki panjang tubuh antara 3 – 5 mm. Cacing dlm perut ini seringkali keluar dgn sendirinya melalui anus.

Cacing dlm perut yg satu ini lebih banyak menyerang anak-anak terutama pada anak-anak yg sering memasukkan tangannya ke mulut tanpa dicuci terlebih dahulu. Cacing kremi hidup dgn cara memakan isi usus sehingga menyebabkan anak yg menderita cacing kremi akan kekurangan gizi & terganggu tumbuh kembangnya karena cacing dlm perut ini memakan sari-sari makanan yg seharusnya diserap oleh tubuh utk pertumbuhan.

Cacing kremi biasanya menyebabkan gatal di sekitar anus, sehingga jika Anda melihat anak-anak Anda sering menggaruk-garuk pantatnya segeralah waspadai apakah anak Anda tertular penyakit cacing kremi ini. Pada anak perempuan, cacing dlm perut ini harus lebih diwaspadai. Cacing kremi dpt menyebabkan radang vagina karena larva cacing yg hidup di sekitar anus akan merambat ke sekitar vagina. 

Cacing Tambang (Ancylostoma duodenale & Necator americanus)

Cacing tambang termasuk jenis cacing dlm perut yg sangat mengerikan karena selama hidupnya cacing tambang ini mengisap darah dr inangnya yaitu usus kita sehingga penderita akan mengalami anemia akut akibat kekurangan darah. Cacing tambang dpt menular melalui kulit kaki yg terinfeksi larva cacing, terbawa ke usus melalui pembuluh darah, & akhirnya menetap di usus halus.

Cacing Pita (Taenia sp)

Cacing dlm perut manusia yg satu ini memiliki nama yg lucu, pita. Cacing pita  memiliki kait pada tubuhnya utk melekatkan dirinya pada dinding usus manusia. Disebut cacing pita karena bentuknya panjang pipih mirip pita & berkepala kecil. Biasanya cacing pita menyerang orang yg suka mengkonsumsi makanan yg berasal dr daging, terutama daging sapi & daging babi yg dimasak tdk sampai matang.

Gejala orang yg memiliki cacing dlm perut terutama cacing pita menimbulkan efek yg tdk baik bagi kesehatan.  Cacing pita akan menimbulkan rasa perih & menusuk-nusuk pada perut namun setelah makan, rasa perih itu langsung hilang, muka pucat, pusing-pusing, tdk bernafsu makan, perut sering mulas & fesesnya berlendir.

Cacing berjenis apapun yg menjadi cacing “piaraan” di dlm perut kita ini sangatlah berbahaya & mengganggu kesehatan kita. Dr pada mengobati alangkah lebih baiknya jika kita mencegah jangan sampai kita, anak-anak kita & seluruh keluarga kita mengalami cacingan. Cacing dlm perut hanya akan menimbulkan masalah kesehatan bagi kesehatan Anda & keluarga.

Cacing dlm Perut - Tips Menghindr Penyakit Cacingan

Dlm istilah sehari-hari, hadirnya cacing dlm perut manusia dikenal dgn istilah cacingan. Kehadiran cacing dlm perut ini ternyata bisa diminimalisir. Tips menjaga agar cacing dlm perut itu tdk pernah hadir adalah dgn menjaga kebersihan. Berikut ini adalah beberapa hal yg bisa Anda lakukan utk mencegah cacing-cacing itu masuk dlm perut Anda.
  • Menjaga kebersihan diri sendiri & lingkungan kita, terutama sanitasi di dlm rumah kita.
  • Menggunakan alas kaki saat kita menginjakkan kaki kita ke tanah utk mencegah larva cacing masuk melalui kulit kaki kita.
  • Menggunting kuku secara teratur utk menghindr terselipnya telur cacing di dlm kuku kita yg panjang & masuk ke dlm tubuh kita.
  • Mencuci sayuran & buah-buahan yg akan dikonsumsi dgn bersih. Terutama buah-buahan & sayuran yg dikonsumsi tanpa di masak terlebih dahulu.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar