Jumat, 29 Juni 2012

Kanker Tulang, Salah Satu Penyakit Tulang Berbahaya

Kanker Tulang, Salah Satu Penyakit Tulang Berbahaya - Kabar Utama. Bila ditanya tentang penyakit tulang, mungkin yang melintas pertama kali di pikiran Anda adalah osteoporosis (penyakit tulang keropos) atau trauma berupa patah tulang karena benturan. Tahukah Anda bahwa tulang juga bisa terkena kanker?
Kanker tulang adalah salah satu jenis penyakit tulang yang juga sering disebut sebagai tumor tulang. Seperti halnya penyakit kanker yang lain, penyebab kanker tulang adalah karena adanya gangguan sel-sel dari tulang tersebut.

Macam-Macam Kanker Tulang
Osteosarcoma
  • Penyakit tulang yang satu ini adalah kanker tulang yang paling ganas dan cukup sering ditemukan. Sebenarnya osteosarcoma ini bisa menyerang siapa saja, namun penyakit ini lebih sering ditemukan pada jenis kelamin pria yang berusia sekitar 10-20 tahunan ke atas.

  • Penyakit ini sering menyerang tulang-tulang kaki atau tangan, tapi juga bisa ditemukan pada tulang yang memiliki ukuran agak panjang. Osteosarcoma ini termasuk penyakit tulang yang sangat agresif dan kankernya bisa merembet ke organ paru-paru.
Chondrosarcoma
  • Penyakit tulang yang satu ini juga tergolong sangat agresif dan cukup sering ditemukan pada manusia, terutama bagi mereka yang sudah berusia lebih dari 40 tahun. Penyakit ini juga sering disebut sebagai tumor tulang dan menyerang tulang rawan yang ada di tubuh, khususnya bagian pinggul.
Ewing’s sarcoma
  • Kanker tulang ini hampir sama dengan osteosarcoma, yaitu menyerang tulang-tulang berukuran panjang. Namun penyakit tulang yang satu ini adalah kanker tulang paling agresif dari semua jenis kanker. Umumnya diderita oleh laki-laki yang usianya kuang dari 30 tahun.
Fibriosarcoma
  • Tumor tulang ini cukup jarang ditemukan bila dibandingkan tumor tulang yang lain. Biasanya menyerang laki-laki berumur antara 30 tahun sampai 50-an tahun. Penyakit tulang ini biasanya ditemukan pada jaringan lunak yang ada di bagian belakang lutut.
Chordoma
  • Jenis penyakit tulang yang satu ini adalah yang paling jarang ditemukan. Penderitanya bisa laki-laki maupun perempuan, namun laki-laki memiliki resiko yang lebih besar. Chordoma biasanya menyerang mereka yang berusia lebih dari 30 tahun. Bagian tulang yang diserang kanker ini adalah tulang belakang.

Gejala Kanker Tulang
  • Penderita penyakit tulang ini biasanya mengeluh akan adanya rasa nyeri atau ngilu pada bagian tulang tertentu. Awalnya rasa nyeri itu hanya muncul saat malam hari atau saat sedang melakukan suatu kegiatan. Namun lama-kelamaan rasa nyeri itu akan terus timbul sepanjang waktu.
  • Terjadi benjolan, namun biasanya orang tidak mengetahui bahwa itu adalah tumor tulang. Itu adalah gejala paling umum yang terjadi bila seseorang menderita penyakit tulang tersebut. Bila tulang terserang kanker, tulang akan menjadi sangat rapuh dan bisa mengalami patah tulang dengan mudah bila mengalami trauma (misalnya jatuh atau terjadi benturan).

Bila penyakit tumor ini menyebar dan ikut menyerang jaringan tubuh yang lain, penderitanya akan mengalami gejala-gejala lain. Misalnya demam, mengeluarkan keringat saat malam hari, dan terjadi penurunan berat badan.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar