Jumat, 29 Juni 2012

Proses Terjadinya Maag Lambung dan Pencegahannya

Proses Terjadinya Maag Lambung dan Pencegahannya - Kabar Utama. Maag lambung adalah salah satu penyakit atau gangguan sistem pencernaan makanan yg ditandai dgn perut kembung & rasa perih di daerah lambung. Tdk jarang juga diikuti dgn rasa mual & pahit di mulut serta nyeri atau pusing di kepala. Penyakit maag ini biasanya menyerang orang dgn pola makan yg tdk teratur. Sebagian besar orang dewasa mengalami gangguan maag lambung setiap minggunya. Bahkan, para ibu hamil sering kali lebih mudah terserang penyakit maag. Apa sebenarnya penyakit maag ini & bagaimana proses terjadinya?

Asam Lambung

Pada dasarnya, serangan maag terjadi karena adanya asam lambung (HCl) berlebih yg naik ke bagian esophagus, yaitu saluran yg menghubungkan kerongkongan dgn lambung.

Dlm keadaan normal, asam lambung yg pada dasarnya berperan dlm proses pencernaan makanan, secara kimiawi terdpt dlm lambung tepat di bagian bawah saluran esophagus (esophageal sphincter). Naiknya asam lambung kembali ke bagian esophagus dipicu oleh adanya proses relaksasi atau melemahnya otot-otot esophageal sphincter tersebut. Adapun pelemahan otot-otot ini seringkali disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut. 
  • Adanya rangsangan zat-zat tertentu yg terdpt pada makanan-makanan pedas, pada minuman beralkohol, & pada rokok.
  • Adanya rangsangan zat-zat tertentu yg terdpt pada obat-obatan, misalnya obat utk penyakit asma.
  • Adanya tekanan berlebih pada bagian perut, misalnya karena makan yg berlebihan, kelebihan berat badan, & adanya bayi yg menekan lambung pada ibu-ibu hamil.

Keadaan naiknya asam lambung kembali ke esophagus yg di antaranya dipicu oleh beberapa faktor di atas dpt menimbulkan rasa tdk nyaman di lambung yg diikuti dgn gejala-gejala seperti yg telah diuraikan di atas. Pada keadaan yg kronis, maag lambung dpt menimbulkan rasa perih yg luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu mencegah terjadinya gangguan maag lambung ini lebih dini. Adapun beberapa usaha utk mencegah terjadinya gangguan maag lambung di antaranya adalah sebagai berikut.

•    Mengurangi atau berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.
•    Mengurangi atau berhenti merokok.
•    Mengurangi konsumsi makanan-makanan yg mengandung lemak, cokelat, & peppermint.
•    Mengurangi konsumsi makanan-makanan pedas.
•    Mengatur posisi tidur dgn kepala terangkat sekitar 15 cm.
•    Tdk berbaring atau tidur dlm kondisi perut penuh.

Ketika Anda sdh terkena gangguan maag kronis, maka tdk lagi hanya diperlukan proses pencegahan, tetapi juga perlu dilakukan pengobatan. Adapun pengobatan yg sering dilakukan utk mengobati serangan maag lambung adalah dgn mengonsumsi obat-obatan yg mengandung senyawa basa yg berfungsi sebagai penetral asam, khususnya obat dgn jenis antasid yg biasanya mengandung magnesium hidroksida. Jika konsumsi obat-obatan penetral maag lambung ini sdh tdk mempan, sebaiknya kita segera memeriksakan diri ke dokter.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar