Sabtu, 30 Juni 2012

Macam-macam Penyembuhan Penyakit Asam Urat

Macam-macam Penyembuhan Penyakit Asam Urat - Kabar Utama. Manusia semakin maju, penyakit semakin banyak. Tetapi tdk perlu khawatir, obat juga semakin banyak pula. Penyakit yg dirasakan oleh orang-orang dulu, seperti kakek nenek kita, tdk sebanyak sekarang. Sekarang ini penyakitnya macam-macam, termasuk penyakit asam urat, tdk dikenal seperti yg banyak diderita orang sekarang.

Semakin banyak keluhan tentang kesehatan, maka semakin banyak orang yg mengeluarkan uang utk menyembuhkan penyakit. Jadi hikmahnya ada juga. Kalau kebutuhan pengobatan tdk meningkat, manusia akan kesulitan utk mencari mata pencaharian, karena jumlah orang hidup juga semakin banyak. Karena itu penjual obat penyakit asam urat dpt memperoleh penghidupan yg cukup, karena adanya penyakit ini.

Cara pandang bisa meringankan beban penderitaan karena sakit. Dgn pikiran yg ringan, Insya Alloh sakitnya akan cepat teratasi. Adanya penyakit asam urat karena pola hidup manusia berubah. Tentu saja efek-efek negatif tak terelakkan. & tdk jarang ada penyakit ada yg terserang penyakit komplikasi.
Seseorang bisa kena penyakit asam urat, penyakit diabetes, penyakit darah tinggi yg membuat makin sulit pengobatannya. Khusus utk penyakit asam urat, kita perlu ketahui seluk beluknya, agar penderita penyakit ini dpt mengatasi & mengetahui upaya penyembuhaannya. Utk penyakit lainnya, silakan buka judul lain di artikel anneahira.com karena bahasan kali ini akan fokus membahas asam urat dgn keterangan yg lebih jelas & gamlang.

Hal Ihwal Tentang Penyakit Asam Urat
Penderita penyakit asam urat biasanya mengeluhkan rasa sakit di persendian. Rasa nyeri yg tak tertahankan terjadi bila asam uratnya sudah semakin berlebih. Yg terjadi ketika bangun tidur kaki terasa berat & ngilu, lebih dari pegal biasa. Bagian persendian juga terasa panas, sampai berakibat tdk bisa jalan, kalau penyakitnya berat sekali.

Penyebab dari timbulnya penyakit asam urat adalah karena penderita mengalami kelebihan kadar asam urat di dlm darahnya. Kadar asam urat yg masih bisa ditoleransi oleh tubuh kita adalah 6,5mg %. Jadi penderita yg kadar asam urat dlm darahnya sampai mencapai 7mg % pasti sudah tdk mampu lagi diatasi oleh ginjal.
Ginjal adalah organ tubuh kita yg berfungsi diantaranya utk menyeimbangkan kadar asam urat ini. Tetapi apabila tingkat kadar asam urat yg ada di dlm darah sudah demikian tinggi, ginjal tdk lagi sanggup mengolahnya. Akibatnya cristal asam urat mengendap di persendian. Itulah yg menyebabkan persendian terasa nyeri.

Jadi asam urat itu juga dibutuhkan di dlm tubuh kita. Tetapi bila sampai jumlahnya berlebihan dpt berakibat penyakit. Sama hal nya dgn dgn yg lainnya. Segala sesuatu yg berlebihan selalu menimbulkan masalah.
Mengapa seseorang sampai kelebihan asam urat? Kelebihan asam urat disebabkan oleh pola makan. Makanan yg banyak mengandung purin dpt menumpukkan asam urat secara berlebihan. Sebagai bahan evaluasi, beberapa jenis makanan berikut ini adalah biangnya asam urat. Kandungan purin yg terdpt di dalamnya cukup tinggi.

Makanan & minuman yg banyak mengandung purin adalah semua minuman & minuman yg dihasilkan dari proses fermentasi, sepert bir, wiski, tape, anggur, & tuak. Demikian juga dgn seafood yg banyak disukai misalnya, kerang, remis, kepiting & udang.

Makanan dlm kaleng juga merupakan biang asam urat.
Utk Anda yg suka sarden, kornet, & yg sejenisnya harap berhati-hati. Begitu juga terhadap jeroan, seperti, hati, limpa, usus, jantung. Bagi sebagian oarng makan tersebut memang enak, tetapi ini berakibat fatal utk penumpukan asam urat. Jangan lupa, buah-buahan juga ada yg menjadi pemicu asam urat tinggi. Hati hati terhadap durian, alpukat, & kelapa adalah contohnya.

Itulah seputar penyebab timbulnya penyakit asam urat. Kalau direnungkan, ternyata sumbernya penyakit itu dari prilaku kita sendiri yg tdk menjaga konsumsi makanan. Bukan berarti kita tdk boleh makan makanan tersebut diatas. Kita boleh mengkonsumsinya tetapi tdk boleh berlebihan. Namun bagi yg sudah terlanjur asam uratnya tinggi, sebaiknya dihindari makanan & minuman tadi.

Beberapa Cara Penyembuhan Penyakit Asam Urat
Utk mengatasi keluhan asam urat tinggi, & utk menghentikan derita penyakit ini, ada beberapa pilihan. Silakan gunakan cara yg paling sesuai dgn kondisi & kemampuan Anda. Berikut adalah pilihan yg bisa jadi pertimbangan.

Cara yg pertama adalah lakukan bekam.
  • Pembekaman pada bagian betis, akan dpt mengurangi kadar asam urat yg terkandung di dlm darah. Sehabis melakukan bekam, biasanya rasa nyeri langsung terasa hilang, atau setidaknya banyak berkurang. Dgn keluarnya darah kotor yg banyak mengandung asam urat, tingkat asam urat akan menjadi normal.
Cara ke dua adalah dgn terapi air.
  • Karena penderita penyakit asam urat memerlukan banyak pembuangan yg memungkinkan keluarnya asam urat melalui air seni, dgn banyak mengkonsumsi air, akan banyak mengeluarkan air seni. Akan lebih baik lagi, bila berkenan menggunakan resep terapi air. Caranya, minum air putih 1,5 liter setiap bangun tidur sebelum makan & minum yg lain, termasuk sebelum Anda menggosok gigi.
  • Setelah itu, tunggu sampai 45 menit, baru Anda makan. Pada waktu terapi air, Anda akan banyak ke kamar mandi utk kencing. Pada saat seperti itulah ginjal Anda sedang menggelontorkan asam urat utk dibuang. Ini resep murah meriah, tetapi utk terapi air yg baik, gunakan air murni yg kadar TDSnya minim,yg biasanya disebut dgn air nol.
Selanjutnya cara yg ke tiga dgn penyembuhan alami.
  • Penggunaan herbal sangat baik utk mengatasi penyakit asam urat. Buatlah jus dgn bahan berikut ini. Jus ini sehat & baik utk tubuh.
Wortel yg dipotong-potong sebanyak 50 gram
1.    Jahe sebanyak 2 cm dipotong kecil-kecil
2.    Melon sebanyak 200 gram dipotong potong
3.    Air jeruk nipis 1 sendok makan
4.    Es batu secukupnyasupaya
Minumlah es jus ini sesering mungkin. Rasanya juga enak. Jadi tdk akan memberatkan Anda dlm usaha penyembuhan dgn buah-buahan seperti ini.

Cara yg ke empat adalah dgn diet.
  • Bagaimanapun upaya kita unuk mengurangi tingkat kelebihan asam urat, akan tdk efektif apa bila kita tdk mengurangi makanan yg dpt menyebabkan asam urat tinggi. Kurangi makan makanan yg banyak mengandung protein, karena purin adalah bagian dari protein. Memang makanan yg banyak mengandung protein terasa enak.
Anda harus menjaga kesehatan. Kesehatan adalah hal yg utama. Apa lagi kalau sudah terlanjur sakit, butuh biaya yg tdk sedikit utk mengobatinya. Kontrol makan makanan yg mengandung banyak purin seperti dicontohkan sebelumnya. Makanan & minuman tersebut harus dihindari, agar penyakit asam urat segera sembuh.

Peringatan utk kita semua yg mungkin masih tergolong normal kadar asam uratnya harus menjaga pola makan. Hidup yg seimbang & pola makan yg baik sangat diperlukan utk menjaga dari macam-macam penyakit. Kesimbangan memang secara alamiah kita butuhkan, karena sifat alam adalah seimbang, termasuk juga kita. Kesehatan mahal harganya, sayangnya kita baru menyadarinya kalau sudah sakit.

Demikian tentang penyakit asam urat. Sekarang Anda tahu penyebab penyakit ini & bagaimana cara penyembuhannya. Semoga apa yg kita bagikan ini, dpt memberi manfaat yg dibutuhkan. Baik utk sekedar pengetahuan, utk menjaga kesehatan, maupun utk solusi penyembuhan. Menjaga selalu lebih baik dari pada mengobati, maka semoga dgn ini, kita menjadi semakin menjaga kesimbangan pola makan kita. 
7 Manfaat Jalan Kaki

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar