Sabtu, 30 Juni 2012

Waspada Gejala Asam Urat

Waspada Gejala Asam Urat - Kabar Utama. Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yg banyak diderita akhir-akhir ini. Tak hanya orang tua & dewasa saja rupanya yg sering mengidap penyakit ini, remaja pun juga banyak menderita asam urat. Umumnya, mereka tdk terlalu peduli dgn gejala asam urat. Mereka baru peduli pada saat asam urat sudah parah.

Mengenal Asam Urat
Asam urat adalah zat sampah yg seharusnya dikeluarkan oleh tubuh melalui sistem ekskresi. Asam urat terbentuk dari makanan yg kita makan. Semakin banyak kandungan protein yg ada dlm makanan tersebut, semakin banyak pula asam urat yg dihasilkan.

Zat sampah atau asam urat ini tentu saja harus dikeluarkan. Bila zat sampah ini tdk dikeluarkan, tentu akan mempengaruhi kinerja organ-organ yg ada di dlm tubuh. Ibarat sampah yg tdk pernah dibuang tentu akan menimbulkan masalah.

Sama halnya dgn asam urat, bila asam urat tdk bisa dibuang oleh tubuh karena gangguan pada sistem ginjal, maka tubuh akan mengalami masalah. Biasanya orang yg memiliki gangguan atau penyakit asam urat akan merasakan nyeri pada sendi. Semakin banyak asam urat yg terkandung dlm tubuh, nyeri dlm sendi pun akan semakin hebat.

Gejala Asam Urat
Banyak orang yg tdk menyadari bahwa dirinya menderita asam urat. Mungkin saja dirinya terlihat sehat, namun sebenarnya menderita asam urat. Kurangnya kepedulian terhadap gejala asam urat menjadi penyebabnya. Padahal, bila kita peduli sedikit saja kita akan lebih mudah mendeteksi apakah kita menderita asam urat atau tidak.

Adapun gejala-gejala asam urat yg perlu mendapatkan perhatian yaitu:
1. Nyeri hebat pada sendi
  • Penderita asam urat biasanya sering merasakan sakit pada sendi. Sendi yg paling banyak diserang adalah lutut, selain itu juga pergelangan tangan & kaki. Semakin tinggi kandungan asam urat yg ada di dlm tubuh, akan semakin hebat pula rasa nyeri pada sendi. Rasa nyeri pada sendi tersebut biasanya terdeteksi pada waktu malam hari.
2. Kulit bengkak & panas, bila disentuh terasa sakit
  • Sendi yg nyeri tersebut biasanya menyebabkan kulit menjadi merah & bengkak. Bila disentuh sedikit saja, maka akan terasa sangat nyeri.
3. Sering kesemutan
  • Jangan mengabaikan masalah kesemutan, karena bisa jadi itu adalah tanda mengidap asam urat. Orang yg mengidap asam urat biasanya sering merasa kesemutan.
4. Denyut jantung sangat cepat
  • Bila denyut jantung sangat cepat, bisa jadi orang tersebut menderita asam urat.
Waspada Gejala Asam Urat Sejak Dini
Asam urat bisa diderita oleh siapa saja. Cara yg paling tepat adalah dgn mewaspadai gejala asam urat sejak dini. Kita harus teliti bila ada yg tdk “biasa” dgn kondisi tubuh kita.

Beberapa hal yg bisa dilakukan adalah:
  • Teliti dgn kondisi tubuh.
  • Mengurangi makanan yg mengandung banyak protein seperti: telur, otak-otak, daging, & makanan laut.
  • Rajin berolahraga

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar