Jumat, 29 Juni 2012

Gejala Amandel pada Anak

Gejala Amandel pada Anak - Kabar Utama. Amandel memang salah satu penyakit yg dapat dikatakan rentan menyerang anak-anak. Sebelum amandel anak Anda membengkak atau meradang, kenali sejak dini gejala amandel.

Setiap manusia memiliki amandel, tonsil istilah medisnya. Letak amandel ada di dlm mulut, tepatnya nempel di kedua sisi rongga mulut bagian dlm dgn bentuk daging kecil yg menonjol. Letak amandel bisa di lihat dgn mata telanjang.

Di dlm amandel, terdiri dari susunan jaringan lunak yg berisi kelenjar getah bening. Fungsi utama amandel adalah membunuh bakteri jahat dari luar yg ikut masuk ke dlm tubuh melalui makanan & minuman.
Pada anak-anak, fungsi amandel adalah sebagai pertahanan tubuh terhadap unsur asing & mecegah infeksi karena bakteri. Terutama, menyangkut penyakit infeksi saluran atas atau ISPA. Seperti, batuk-batuk, sinuitis, sesak napas & gangguan pernapasan lainnya.

Karena fungsi utama tonsil ini adalah sebagai penyaring atau filter terluar untuk mengenyahkan bakteri jahat yg terbawa masuk oleh makanan, mudah sekali terkena infeksi. Terutama, infeksi karena virus asing yg masuk. Akibatnya, amandel meradang. Khususnya pada anak yg dlm masa pertumbuhan. Mereka sangat sensitif terhadap ancaman penyakit dari luar.

Apalagi, masa sekolah. Jika anak Anda sering mengeluh tidak bisa menelan makanan atau nafsu makan anak berkurang, patut dicurigai. Mungkin amandel si anak terganggu. Jika buah hati Anda terlampau sering mengalami sakit amandel, akan mengganggu prestasi pendidikan karena tidak bisa konsentrasi menerima pelajaran.

Gejala Amandel Bermasalah
Gejala amandel pada anak patut dicermati sedini mungkin agar tidak lebih parah. Berikut ini merupakan ciri-ciri yg biasa terjadi pada radang amandel.

1. Lesu
  • Setiap bangun pagi, si anak tidak bergairah & malas-malasan. Tidak bersemangat untuk mandi & mempersiapkan perlengkapan sekolah. Selain lesu, dia sulit konsentrasi dlm belajar. Ini berakibat menurunnya prestasi pendidikan di sekolah.
2. Hilang Nafsu Makan
  • Cermati juga ketika buah hati Anda sering ogah-ogahan makan atau sering tidak menghabiskan porsi makanannya tanpa alasan jelas walaupun Anda sudah menghidangkan masakan kegemarannya. Jangan lantas dimarahi begitu saja. Berikanlah dia suplemen penambah nafsu makan. Vitamin tambahan agar tidak mudah diserang penyakit.
3. Sulit Menelan Makanan
  • Tiba-tiba si buah hati mengeluh sakit saat menelan makanan karena terasa nyeri saat makanan yg dikunyah menyentuh dinding rongga mulut dekat amandel. Sakitnya seperti sariwan yg lebar di dlm mulut.
4. Sakit Leher
  • Leher terasa sakit kalau ditekan. Leher bagian atas, tepatnya di bawah rahang, kalau ditekan terasa sakit.
5. Panas Dalam
  • Salah satu gejala amandel adalah sering terjadi panas dlm pada tubuh anak. Ini dipicu karena kurang mengonsumsi sayuran & buah-buahan yg mengandung fiber atau serat sehingga pencernaan mengalami aus.
6. Demam
  • Demam dgn suhu tinggi merupakan salah satu gejala amandel akut. Solusi mudahnya, berikan buah hati Anda obat penurun demam. Disarankan banyak minum. Kalau panas tubuh tidak kunjung turun, sebaiknya periksa ke dokter THT.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar