Jumat, 29 Juni 2012

Ciri-ciri Penyakit Kelamin pada Wanita

Ciri-ciri Penyakit Kelamin pada Wanita - Kabar Utama. Tahukah Anda ciri ciri penyakit kelamin? Penyakit kelamin, baik yg dialami oleh pria maupun wanita, dpt disebabkan oleh beberapa faktor. Selain faktor pola hidup, juga banyak disebabkan oleh perilaku seksual yg menyimpang. Penyakit AIDS yg disebabkan oleh virus HIV salah satunya. Sampai sekarang blm ditemukan obat utk menyembuhkan virus yg menyerang sel darah putih itu.

Menurut ilmu kedokteran, yg disebut penyakit kelamin atau penyakit akibat hubungan kelamin adalah penyakit yg penularan infeksinya terjadi selama kontak seksual (termasuk juga seks anal atau oral). Jika Anda & pasangan Anda merasa mengidap penyakit kelamin, segeralah memeriksakan diri ke dokter atau klinik penyakit kelamin.

Penyakit ini harus segera ditangani mengingat besar bahayanya terhadap alat reproduksi, walaupun gejalanya tampak tdk terlalu berat. Selain itu, Anda juga bisa tanpa sadar menulari orang lain.
Berikut beberapa penyakit kelamin, khususnya pada wanita, & ciri-ciri atau gejala yg ditimbulkannya.

Ciri Ciri Penyakit Kelamin Infeksi Genital

Infeksi genital ini memiliki masa inkubasi 14-21 hari. Infeksi ini bisa menimbulkan gejala, bisa juga tidak. Gejala yg timbul adalah keluarnya cairan vagina yg tdk wajar. Cairan-cairan yg tampak tdk wajar, terutama jika disertai gatal & panas di sekitar vagina atau nyeri saat berhubungan seks, bisa merupakan gejala adanya infeksi & memerlukan penanganan medis. Penyakit ini lebih mungkin terjadi jika pasangan Anda mengidap urethritis non-spesifik, yg biasanya disebabkan oleh mikroba chlamyda.

Ciri Ciri Penyakit Kelamin Trichomonal Vaginitis

Penyakit ini memiliki masa inkubasi yg tdk menentu. Cairan vagina yg tampak terinfeksi (kuning kehijauan), biasanya menimbulkan iritasi di sekitar vagina. Selain itu, akan menimbulkan sakit saat berhubungan seks.
Istilah medis utk gejala ini adalah pruritus vulvae. Hal ini bisa timbul akibat infkesi pada vagina atau saluran kemih, atau akibat iritasi oleh sabun, deodoran, atau berbagai kelainan kulit.

Ciri ciri penyakit kelamin ini dpt terjadi karena berhubungan seks ataupun ada yg menyatakan bisa juga dr kloset duduk, baju, cairan tubuh, air mandi & handuk. Biasanya penularan terjadi pada 5% ibu yg terinfeksi penyakit ini. Biasanya juga inkubasi terjadi dr waktu 4-21 hari.

Lalu bagaimana caranya utk menghindr agar badan kita tdk mengalami ciri ciri penyakit kelamin ini?
Ada banyak cara yg bisa dilakukan yg pertama pakailah pakaian dlm dr bahan yg mudah menyerap keringat agar sirkulasi dr alat kelamin wanita terjaga & pertumbuha bakteri tdk akan akan berlangsung. Kemudian hindr juga memakai celana yg sangat ketat, skinny jeans karena itu dpt menyebabkan derah kewanitaan lembab.

Selanjutnya dlm masa haid seringlah utk mengganti pembalut yg dipakai. Basuhlah vagina dgn bersih saat selesai buang air kecil atau besar & lap vagina Anda agar tdk lembab.

Ciri Ciri Penyakit Kelamin Gonorhoe

Masa inkubasi penyakit gonorhoe adalah 2 sampai 10 hari. Mungkin penyakit ini tdk menimbulkan gejala pada wanita. Kalau pu ada gejala, kadang-kadang timbul cairan vagina atau cairan urethra yg tdk normal & nyeri utk buang air kecil. Jika tdk diobati dpt menyebar ke rahim & saluran falopian, yg ditandai dgn rasa sakit di perut bagian bawah. Penyakit ini dpt terdiagnosa dr analisis cairan vagina. Utk pengobatan dpt diberi antibiotik.

Biasanya para wanita tdk menyadr bahwa mereka sebenarnya menderita penyakit ini karena tdk mengalami gejala. Jika gejala itu terjadi juga biasanya adalah gejala ringan, namun ada juga beberapa yg mengalami gejala berat, misal nyeri ketika berkemih, demam & keluar cairan dr vagina. Hati-hati bila terinfeksi akan menyerang beberapa daerah rawan pada wanita, contohnya menyerang leher rahim, indung telur, uretra, saluran telur & rektum.

Ciri ciri penyakit kelamin ini juga akan menyerang bila wanita atau pria homoseksual melakukan anal seks atau seks melalui anus, oral seks atau melakukan hubungan seks lewat mulut. Jika karena melakukan seks dlm mulut biasanya gonore terjadi di tenggorokan. Lalu jika cairan mengenai mata akan menyebabkan infeksi pada mata. Bayi yg baru lahir juga rentan terkena infeksi penyakit ini yg ditlarkan ibunya, jika tdk segera diobati maka akan menyebabkan kebutaan pada bayinya.

Ciri Ciri penyakit Kelamin Herpes Genitalis

Masa inkubasi penyakit herpes genitalis bisa mencapai 10 hari. Biasanya dimulai dgn rasa gatal di sekitar alat kemaluan diikuti dgn munculnya lepuh kecil yg sakit. Kadang juga timbul di paha & pantat. Rasa panas ini dpt hilang setelah 24 jam, meninggalkan bisul kecil yg sakit & berwanra merah yg kadang-kadang megelupas. Bekas lepuh yg mengering bisa melepuh kembali.

Sampai saat ini blm ada pengobatan tuntas terhadap penyakit ini meskipun bekas lukanya sdh hilang lebih dr setahun. Dokter akan memberikan obat anti-virus atau salep utk mengurangi rasa sakit pada bisul. Sebaiknya hindr kontak seksual ketika sedang terkena penyakit ini agar tdk menulari pasangan Anda.
Gejala dr penyakit kelamin ini dpt menimbulkan gejala berat apalagi jika luka ada di sekitar daerah mulut rahim. Awalnya di tempat yg akan terjadi luka kita akan merasakan seperti rasa terbakar beberapa jam seblm luka terjadi. Saat luka sdh muncul perasaan demam, nyeri otot, kelelahan & sakit kepala akan menghampiri penderitanya.

Jika ciri ciri penyakit kelamin ini terjadi pada pria maka akan tampak sangat jelas gejalanya. Karena biasanya akan terjadi pada luar penis, buah zakar juga daerah anus. Jika pada wanita akan menyerang ke labia minora, labia majora, klitoris bahkan pada leher rahim tanpa adanya gejala yg klinis.

Penularan yg paling dikhawatirkan dr penyakit ini adalah penularan dr ibu ke bayinya yg masih dlm kandungan ataupun yg sdh lahir. Jika penularannya terjadi pada trimester pertama akan mengakibatkan abortus, jika terjadinya pada trimester kedua akan menyebabkan kelahiran prematur pada bayinya. & jika bayi itu lahir dia akan mengalami beberapa kelainan, seperti hepatitis atau bahkan lahir namun sdh dlm keadaan mati.
Supaya penyakit ini tdk menjalar lebih parah lagi segera lakukan pengobatan jangan merasa malu. Jika Anda merasa malu utk berobat malah nanti penyakitnya tdk akan kunjung sembuh. Jika pengobatan dilakukan sedini mungkin penyakit kelamin ini akan lebih mudah utk dikendalikan

Ciri Ciri Penyakit Kelamin Syphilis

Masa inkubasi syphilis lebih lama dibandingkan dgn penyakit kelamin sebelumnya, yakni mencapai 9 sampai 90 hari. Pada tahap pertama, timbul chanre, yaitu lepuh yg amat menular & sakit di daerah kemaluan atau dlm vagina, yg akan hilang setelah beberapa minggu.

Pada tahap kedua, akan timbul bercak yg tdk gatal di seluruh tubuh, termasuk di telapak tangan & kaki. Kelenjar getah bening akan membesar namun tdk sakit & timbul bintil seperti kutil di sekitar anus & atau mulut vagina.

Penyakit ini didiagnosa dgn analisis darah & contoh cairan dr setiap lepuhan. Biasanya diobati dgn rangkaian suntikan selama dua minggu. Perlu dilakukan ulangan analisa darah pada dua tahun kemudian utk memastikan penyakit tersebut tdk muncul lagi.
Manfaat Tomat Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Manggis
Manfaat Tersenyum
7 Manfaat Jalan Kaki
Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan
Penyebaran & Ciri-ciri Penyakit Kelamin Seksual

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar:

  1. apakah herpes genital bisa menyerang orang yang tidak pernah melakukan hubungan seksual?

    BalasHapus