Sabtu, 30 Juni 2012

Makanan Penderita Asam Urat

Makanan Penderita Asam Urat - Kabar Utama. Apa itu penyakit asam urat? Benarkah makanan penderita asam urat tdk boleh sembarangan? Utk mendapatkan jawaban atas dua pertanyaan yg diajukan tersebut, ada baiknya kita baca dahulu artikel berikut ini. Di sini akan dijabarkan beberapa ulasan mengenai pertanyaan tadi.


Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit yg disebabkan oleh penumpukan senyawa asam urat (C3H4N4O3) berlebih yg dihasilkan dlm proses metabolisme protein di dlm tubuh.

Penyakit asam urat ini seringkali menyerang seseorang yg berumur 30 tahun ke atas, tetapi tdk menutup kemungkinan utk menyerang seseorang yg berusia lebih muda dari 30 tahun.
Selain itu, kasus penyakit asam urat juga lebih sering ditemukan pada kaum pria. Berdasarkan hasil penelitian, 95 %  penderita asam urat adalah pria & sisanya adalah wanita.

Penyakit asam urat tdk bisa disepelekan. Hal ini karena pada tahap akut penyakit ini dpt menimbulkan rasa sakit yg luar biasa pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti pergelangan kaki, lutut, pinggul, siku, pergelangan tangan, & ruas-ruas jari.

Jika tdk diobati, rasa sakit akibat asam urat ini biasanya akan sembuh dlm beberapa hari, tetapi jika hal ini terus dibiarkan penyakit asam urat ini dpt mencapai tahap chronic tophaceous gout.
Pada tahap ini, akan terjadi penumpukan asam urat dlm bentuk kristal pada jaringan-jaringan tubuh yg lunak, di sekitar persendian, & di dlm ginjal, shg dpt memicu gangguan lain, seperti perusakan tulang & gangguan fungsi ginjal (pembentukan batu ginjal).

Makanan & Pola Makan

Pada dasarnya, penyakit asam urat berkaitan dgn pola makan seseorang. Pola makan yg tdk seimbang dgn jumlah asupan protein lebih tinggi dibandingkan dgn asupan zat makanan lainnya dpt memicu terjadinya asam urat.

Oleh karena itu, bagi Anda yg bukan penderita asam urat, mulai dari sekarang hendaknya mengatur pola makan dgn asupan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, & mineral yg seimbang. Akan tetapi, jika Anda penderita asam urat, memilih jenis makanan akan membantu mengurangi gangguan asam urat & bukan tdk mungkin dpt “menyembuhkannya”.

Berikut ini adalah beberapa makanan & minuman yg sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat.
  • Makanan-makanan yg mengandung protein tinggi. Hindari makanan, seperti makanan-makanan laut (udang, kepiting, cumi-cumi);  jeroan sapi, kambing, atau sejenisnya (hati, usus, limpa, paru, ginjal, jantung, otak, dll); kaldu daging; emping melinjo, & lain-lain. Hal ini karena asam urat dihasilkan melalui proses metabolisme protein.
  • Makanan-makanan berlemak.  Hal ini karena lemak berlebih dlm tubuh dpt menghambat ekskresi asam urat melalui urin. Makanan berlemak yg sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat tersebut antara lain adalah margarin, mentega, durian, alpukat, gorengan, & lain-lain.
  • Minuman beralkohol. Hal ini karena alkohol dpt meningkatkan asam laktat dlm tubuh yg pada akhirnya akan menghambat pengeluaran asam urat dari dlm tubuh.

Sementara itu, selain harus menghindari makanan-makanan & minuman di atas, penderita asam urat juga sebaiknya mengonsumsi jenis-jenis makanan & minuman berikut.
  • Makanan-makanan yg mengandung karbohidrat, seperti nasi, singkong atau ubi, & roti, tetapi hindari makanan-makanan yg mengandung karbohidrat sangat tinggi, seperti gula, permen, & sirup.
  • Buah-buahan segar yg kaya akan vitamin C, seperti apel, belimbing, melon, semangka, jeruk, pir, & lain-lain.
  • Makanan-makanan yg mengandung cukup vitamin & mineral.
  • Air putih (sebaiknya 2,5 liter atau 10 gelas per hari). 
Cara Mengobati Asam Urat dgn Ramuan Tradisional

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar