Sabtu, 30 Juni 2012

Mengenali Gejala Penyakit Asam Urat

Mengenali Gejala Penyakit Asam Urat - Kabar Utama. Pernahkah Anda merasakan nyeri yg amat sangat di persendian? Wah, Anda harus waspada karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit asam urat. Nyeri pada persendian akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari & bisa berubah menjadi lebih kompleks jika Anda tdk segera mengenali gejala penyakit asam urat utk melakukan tindakan pencegahan yg bisa membebaskan Anda dari penyakit ini.

Gejala penyakit asam urat pada beberapa waktu lalu cenderung dijumpai pada orang lanjut usia. Namun, saat ini sudah banyak dijumpai gejala penyakit asam urat terdpt pada pria maupun wanita yg berusia sekitar dua puluh tahun. Masih muda, bukan?

Dlm sebuah penelitian, gejala penyakit asam urat disebabkan oleh pola makan generasi muda yg tdk sehat serta ditambah dgn kebiasaan hidup tanpa olahraga. Penderita biasanya merasakan keluhan di sebagian atau seluruh persendian, tumit, ujung jari kaki.

Dampak Asam Urat
Pada gejala penyakit asam urat yg parah, penderita tdk dpt berjalan karena daerah sekitar persendian kaki membengkak. Bahkan, kadar asam urat yg sangat tinggi (normal: L: 3,4-7,0 mg/dl, P: 2,4-5,7 mg/dl) juga bisa berubah menjadi penyakit darah tinggi, jantung, stroke, prostate, gagal ginjal, kencing manis, & merembet ke organ tubuh lainnya. Dlm kasus penyakit jantung koroner, misalnya, asam urat menyerang endotel, yakni lapisan bagian paling dlm pembuluh darah besar.

Nah, sebelum berlarut-larut, gejala asam urat pertama kali yg harus Anda waspadai adalah munculnya nyeri yg hebat yg dirasakan penderita pada satu atau beberapa sendi, seperti sakit otot, persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, & bahu. Gejala ini juga bisa berupa badan pegal-pegal, kesemutan, linu, & sering buang air kecil.

Gejala penyakit asam urat berupa nyeri pada persendian ini biasanya akan memburuk pada malam hari & pagi hari saat bangun tidur. Sendi yg mengandung asam urat tinggi akan terlihat membengkak & melepuh disertai rasa nyeri luar biasa. Kulit akan tampak memerah & berubah menjadi keunguan dlm kondisi yg parah. Selain itu, rasa nyeri di persendian biasanya diikuti dgn peningkatan suhu di kulit. Kulit akan terasa panas, mengencang, & akan terasa sakit jika Anda menyentuhnya.

Gejala asam urat ini disebabkan oleh sisa metabolisme zat purin yg menumpuk dlm tubuh yg berasal dari makanan yg dikonsumsi. Nah, utk menghindarinya, Anda harus segera melakukan pengobatan utk menurunkan kembali ketinggian asam urat hingga menjadi normal. Jangan lupa melakukan diet makanan yg mengandung purin tinggi, mengatur pola makan, & memperbanyak minum air putih agar zat-zat purin bisa larut keluar. Terakhir, Anda harus memelihara pola hidup sehat dgn olahraga teratur. 
Macam-macam Penyembuhan Penyakit Asam Urat

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar