Jumat, 29 Juni 2012

Cara Mengobati Maag Akut Dengan Bahan Tradisional

Mengobati Maag Akut Dengan Bahan Tradisional - Kabar Utama. Gangguan maag mungkin tdk terlalu merisaukan karena biasanya serangan penyakit ini hanya terjadi dlm waktu yg singkat & “tdk memerlukan” penanganan khusus. Akan tetapi, ketika gangguan maag ini dibiarkan terus-menerus & tdk dibarengi dgn usaha mengubah pola makan, maka tdk jarang penyakit ini akan mencapai tahap yg kronis atau akut. Gangguan maag akut tdk bisa lagi disepelekan karena salah-salah bisa mengancam jiwa.

Apakah Penyakit Maag itu?

Maag adalah salah satu penyakit karena lambung kita kelebihan zat asam lambung, sehingga mengakibatkan iritasi pada selaput lendir di dlm lambung. Zat asam lambung memang diperlukan oleh tubuh manusia utk membantu pencernaan makanan yg masuk ke dlm lambung.

Akan tetapi, zat asam lambung tersebut dpt mengalami kelebihan, jika beberapa faktor, terutama faktor pola makan kita. Apabila pola makan kita tdk teratur & makanan yg kita makan tdk sehat, itu dpt meningkatkan zat asam pada lambung, yg berakibat pada timbulnya iritasi tersebut atau sakit maag.

Maag dpt disebabkan oleh beberapa faktor. Pola makan yg tdk teratur, yaitu waktu makan terlalu cepat atau waktu makan telat. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit maag.

Selain itu, dr makanan juga dpt menimbulkan sakit maag. Misalnya, memakan makanan yg tdk sehat, makanan pedas & berminyak, mengonsumsi alkohol & alhohol, & lain sebagainya. Stres juga dpt mengakibatkan terjadinya sakit maag.

Selain zat asam lambung, penyakit maag juga dpt disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, yaitu organisme renik. Ketika zat asam lambung tinggi, bakteri lain akan mati, tapi bakteri Helicobacter pylori tdk mati, bahkan bertahan hidup & berkembang biak.

Bakteri Helicobacter pylori adalah bakteri yg tahan asam yg dpt hidup di pH 2 sampai 4. Jadi, bakteri ini tdk akan mati, ketika zat asam lambung tinggi. Bakteri ini dpt membuat dinding lambung iritasi, sehingga mengakibatkan lambung mengalami peradangan & luka. Jadi, akan terasa perih di bagian ulu hati bagi orang yg mengalaminya.

Memang penyakit maag ini jangan disepelekan. Meskipun sakitnya sebentar, tapi lama kelamaan apabila tdk diobati akan mengakibatkan kematian pada si penderita maag tersebut.

Penyakit maag sekarang sdh bukan hal yg asing lagi bila. Seiring dgn perkembangan zaman, maka semakin banyak juga dampak negatifnya bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah penyakit maag ini.
Keadaan lingkungan yg berubah karena perkembangan zaman tersebut, membuat pola hidup manusia juga berubah. Manusia semakin mudah terserang penyakit, salah satu akibatnya adalah karena malas bergerak & pola makan yg tdk teratur.

Dgn kemajuan teknologi sekarang ini, manusia semakin dimanjakan oleh kecanggihan teknologi tersebut. Semuanya serba cepat & mudah. Hal tersebut menjadikan manusia malas bergerak atau kurang berolah raga. Pada akhirnya, kondisi tubuh menjadi tdk sehat & segar. Penyakit gampang menyerang tubuh karena daya tahan tubuhnya kurang.

Begitu juga dgn pola makan yg tdk teratur. Pola makan yg tdk teratur biasanya dampak yg terjadi setelahnya adalah mendatangkan sakit maag. Kemajuan teknologi yg canggih tersebut membuat manusia semakin sibuk & tdk tahu waktu, sehingga melupakan waktu makan.

Karena sibuk dgn pekerjaannya atau kegiatannya, seseorang dpt melupakan makan. Waktu makan menjadi telat, yg seharusnya makan pagi, menjadi makan siang. Akibatnya, apabila sering terjadi seperti itu, penyakit maag akan menyerang lambung Anda.

Jenis makanan juga sangat memengaruhi keadaan lambung Anda. Banyaknya jenis makanan yg ada sekarang ini, harus tetap waspada dlm memilihnya. Sekarang ini, banyak makanan yg menarik perhatian, tapi tdk sehat. Terutama pada makanan-makanan yg di jual di sekolah-sekolah anak.

Terlalu banyak atau sering memakan makanan pedas atau berminyak, itu juga dpt menimbulkan penyakit maag. Meminum alkohol atau terlalu banyak minum kopi, juga salah satu faktor penyebab sakit maag. Hati-hati juga bagi perokok, maag juga dpt disebabkan dr rokok.

Penyakit Maag di Kalangan Remaja

Penyakit maag bukan hanya terjadi dikalangan orang tua saja, tapi malah sebaliknya. Sekarang ini, yg sering mengalami sakit maag adalah dr kalangan remaja & anak-anak.

Ironis sekli bukan, masih kecil sdh mengidap penyakit maag. Mengapa demikian? Banyak faktor yg menyebabkannya, terutama karena perkembangan zaman yg semakin canggih, yg mengubah pola hidup manusia.
Kebanyakan anak yg mengidap penyakit maag, itu disebabkan karena pola makan yg tdk teratur & pola hidupnya yg tdk teratur juga. Kegiatan anak zaman sekarang ini, sdh padat. Bahkan waktu utk bermain saja tdk ada karena padat oleh kegiatan di sekolah & kegiatan di luar sekolah.

Hal tersebut dpt berdampak pada pola makan anak. Kesibukannya di sekolah membuat anak tdk tahu waktu, yg seharusnya waktu makan siang karena kesibukannya, sehingga waktu makan siangnya telat.
Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus, maka akan mengakibatkan maag pada anak tersebut. Jenis makanan atau jajanan sekolah juga dpt membuat anak terserang penyakit maag akut.

Apabila anak sdh terserang maag akut, itu perlu diwaspadai & penanganannya lebih serius. Usia bukan lagi menjadi penghalang penyakit maag ini datang. Maag bisa menyerang kepada siapa saja, tanpa memedulikan umur. Jadi, lebih baik mencegah dr pada mengobati.

Utk itu, para orang tua harus mengawasi anaknya yg kegiatan di sekolah & di luar sekolahnya padat. Mengawasi waktu makannya, apakah tepat waktu atau tidak, & menmperhatikan jajanan apa saja yg dibeli di sekolahnya atau di luar sekolahnya. 

Obat Maag Akut Tradisional

Apa yg akan Anda lakukan ketika mengidap maag akut? Jawabannya, tentu dgn berobat ke dokter. Ya, berobat ke dokter menjadi mutlak manakala kondisi kesehatan berada pada tahap yg kritis. Akan tetapi, tdk ada salahnya Anda melakukan usaha-usaha pengobatan lainnya, misalnya dgn menggunakan obat-obatan tradisional, sepanjang usaha-usaha tersebut diyakini cukup aman.

Utk kasus gangguan maag akut, banyak orang telah memberikan testimoni bahwa gangguan tersebut dpt disembuhkan atau dikurangi dgn menggunakan bahan-bahan yg banyak tersedia dlm kehidupan sehari-hari. Dlm hal ini beberapa bahan yg dpt menjadi obat mujarab bagi maag akut, antara lain adalah kunyit, singkong atau ketela pohon, daun jambu biji, & biji pepaya. Adapun cara mengolah bahan-bahan tersebut menjadi obat maag adalah sebagai berikut.

1. Kunyit

Khasiat kunyit sebagai obat telah dikenal sejak zaman dahulu. Hal ini terbukti dgn digunakannya kunyit sebagai salah satu bahan utama jamu-jamu tradisional. Adapun langkah-langkah utk mengolah kunyit menjadi obat maag adalah sebagai berikut.
•    Ambil beberapa ruas kunyit;
•    Cuci sampai bersih & kupas kulit arinya;
•    Parut & peras airnya; &
•    Minum air perasan kunyit tersebut secara ruting pagi & sore hari.
Kunyit juga dpt diolah menjadi obat maag dgn cara direbus, yaitu dgn merebus potongan-potongan kunyit kemudian meminum air rebusannya secara rutin pagi & sore hari.

2. Singkong atau Ketela Pohon

Khasiat singkong & ketela pohon juga dpt menjadi obat maag. Utk membuat singkong atau ketela pohon menjadi obat maag yg harus dilakukan adalah sebagai berikut.
•    Kupas singkong & cuci bersih;
•    Parut & peras airnya; &
•    Minum air perasan singkong tersebut secara rutin pagi & sore hari.

Selain itu, mengkonsumsi rebusan singkong secara rutin juga diyakini dpt menyembuhkan gangguan maag.

3. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga diyakini dpt menjadi obat maag yg mujarab. Utk mengolahnya yg harus dilakukan adalah sebagai berikut.
•    Ambil beberapa helai jambu biji & cuci hingga bersih;
•    Rebus daun jambu biji tersebut hingga air rebusan tinggal setengahnya;
•    Minum air rebusan jambu biji tersebut secara rutin.

4. Biji Pepaya

Langkah-langkah utk mengolah biji pepaya menjadi obat maag adalah sebagai berikut.
•    Siapkan sejumlah biji pepaya;
•    Jemur hingga kering;
•    Haluskan atau tumbuk hingga halus;
•    Seduh biji yg telah ditumbuk & minum airnya secara rutin.

ARTIKEL TERKAIT:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar